Home » Properti » Feng Shui » Cara Menentukan Arah Pintu Rumah Berdasarkan Feng Shui

Pintu utama adalah jalan mengakses—tempat keluar dan masuk—rumah. Untuk itu, arah dan posisinya harus benar-benar diperhitungkan.

Menurut ilmu feng shui, pintu utama menjadi prioritas ketika seseorang membangun rumah. Master feng shui, Sidhi Wiguna Teh mengatakan, pintu utama rumah ibarat mulut: apa saja yang masuk akan memberi efek ke seluruh tubuh. “Jika kita salah makan, seluruh badan kita akan bermasalah. Seperti itulah,” kata Sidhi.

Menurut Sidhi, arah pintu utama disesuaikan dengan tanggal lahir (kua) kepala keluarga (perhitungan kua lihat di sini).

Idealnya, pintu utama rumah jangan berhadapan langsung dengan pintu utama rumah tetangga. “Jadi kita harus menentukan arah hadap pintu yang baik terlebih dahulu, baru kemudian diatur agar tidak berhadapan dengan pintu tetangga di depan rumah,” kata Sidhi. “Jika kita mendapat arah yang bagus, tapi harus berhadapan dengan pintu tetangga, apa boleh buat?” ucapnya.

Kendati demikian, imbuh Sidhi, ada solusi yang bisa dilakukan jika pintu utama telanjur berhadapan dengan pintu tetangga. “Solusinya beragam, bisa dengan cara menggantungkan pernak-pernik di seputar pintu. Tetapi jalan yang paling tepat adalah mengeser pintu untuk mendapatkan arah yang bagus,” ucap Sidhi.

Perhatikan Daun Pintu
Lantas bagaimana dengan daun pintu rumah? Menurut Sidhi, jika hendak menggunakan daun pintu ganda, ukurannya harus sama besar. “Jika ukuran daun pintu tidak sama, maka akan terjadi ketidakseimbangan,” katanya.

“Dalam ilmu feng shui, laki-laki itu berada kiri, sedangkan perempuan di kanan. Jika daun pintu sebelah kirinya kecil, berarti sang suami tertekan. Begitu sebaliknya, kalau daun pintu sebelah kanan lebih kecil, berarti sang istri yang tertekan,” jelas Sidhi yang mengatakan ketidakseimbangan itu dapat berbentuk ketidaknyamanan dan tekanan psikologis maupun fisik.

Sementara itu, ukuran pintu utama sebaiknya dibuat dengan ukuran lebih besar dari pintu-pintu lain di rumah. Sementara, ukurannya harus proporsional dengan besar bangunan.

Soal warna daun pintu, Sidhi menegaskan, warna memberi efek yang tidak signifikan, tetapi bisa digunakan untuk mempertinggi nilai feng shui pintu tersebut. “Yang utama tetap arah hadap dan posisi pintu,” pungkasnya.

sumber

Leave a Reply

Artikel Terbaru:close